Senam dan Jalan Sehat Karyawan Awali Peringatan Bulan K3 Nasional Pupuk Kaltim 2020

Jalan sehat karyawan dan keluarga besar perusahaan membuka Peringatan Bulan K3 Nasional Pupuk Kaltim 2020 (Foto: Humas Pupuk Kaltim)

Bentara. Senam dan jalan santai yang diikuti ratusan karyawan dan keluarga besar perusahaan, membuka peringatan Bulan K3 Nasional Pupuk Kaltim tahun 2020 di Halaman parkir GOR PC VI, Minggu (12/1) pagi. Kegiatan juga dihadiri anak-anak Inkubator Bisnis Permata Bunda binaan perusahaan, yang tampak antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Manager Kontrak Bisnis Pupuk Kaltim selaku Ketua Pelaksana Bulan K3 Nasional tahun 2020 Erlina, mengatakan kegiatan tahunan ini mengusung tema “Optimalisasi Kemandirian Masyarakat Berbudaya K3 Pada Era Revolusi Industri 4.0 Berbasis Teknologi Informasi”, yang akan diisi berbagai kegiatan mulai 12 Januari hingga 12 Februari 2020, melibatkan karyawan dan keluarga besar Pupuk Kaltim serta masyarakat hingga pelajar se-Kota Bontang.

Diantaranya Fire and Rescue Competition yang akan berlangsung dalam 4 tahap, yakni kompetisi antar masyarakat dari perwakilan Kelurahan se-Kota Bontang, kompetisi antar gabungan wilayah (Gawil) PIKA Pupuk Kaltim, kompetisi antar Kompartemen Pupuk Kaltim dan antar SMA se-Kota Bontang.

Selain itu juga akan digelar Sosialisasi Tanggap Darurat bagi masyarakat, Seminar HIV-Aids dan Narkoba, serta Consulting and Testing HIV bekerjasama dengan Badan Narkotika Nasional dan Dinas Kesehatan Kota Bontang.

“Kegiatan sosialisasi juga dilaksanakan dalam dua tahap, yakni bagi karyawan dan masyarakat sekitar perusahaan,” kata Erlina.

Agenda lainnya juga akan dilaksanakan Donor Darah karyawan, Lomba Video Safety antar karyawan dengan tema “Live Safing Rules”, serta pemberian penghargaan bagi kontraktor terbaik dalam penerapan K3 di lingkungan perusahaan.
Seluruh kegiatan tersebut ditujukan untuk meningkatkan awarenes atau kesadaran serta kepatuhan karyawan dan insan perusahaan terhadap norma K3 di Pupuk Kaltim, sekaligus meningkatkan partisipasi semua pihak untuk mewujudkan budaya K3 di tiap aktivitas.

“Harapannya, dengan berbagai kegiatan tersebut kesadaran akan pentingnya K3 dapat semakin ditingkatkan dari tahun ke tahun,” tambah Erlina.

Direktur Produksi Pupuk Kaltim Bagya Sugihartana, yang hadir membuka peringatan Bulan K3 Nasional 2020 mengungkapkan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan perusahaan untuk mengajak seluruh karyawan dan keluarga besar Pupuk Kaltim meningkatkan partisipasi penerapan aspek K3 dalam setiap aktivitas, sehingga mampu memberikan dampak positif terhadap perkembangan perusahaan.

Sesuai tema yang diangkat, penerapan K3 juga upaya Pupuk Kaltim menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0, yang telah membawa perubahan di berbagai bidang. Pemanfaatan teknologi digital kata dia, tidak hanya berdampak positif terhadap peningkatan produktivitas dan kinerja secara umum, namun juga berpotensi menimbulkan berbagai bahaya yang beragam dan kompleks.

Untuk itu, perkembangan teknologi informasi saat ini hendaknya bisa diimbangi berbagai upaya, dalam menekan angka kecelakaan kerja dan penyakit akibat bekerja melalui penerapan K3 secara aktif.

“K3 merupakan salah satu aspek penting dalam perlindungan ketenagakerjaan dan hak setiap tenaga kerja, sehingga penting bagi karyawan dan seluruh insan perusahaan memahami penerapan K3 dalam setiap aktivitas yang dilaksanakan,” tutur Bagya.

Pembukaan Bulan K3 Nasional tahun ini pun dirangkai pengumuman pemenang Program Viral 500K Triwulan ketiga tahun 2019, New You Challenge 2019, serta Launching Strava Challange tahun 2020.

Strava Challenge merupakan tantangan lari atau berjalan kaki selama pelaksanaan Bulan K3 Nasional Pupuk Kaltim, dengan sistem penilaian berkelompok menggunakan aplikasi Strava sebagai tools untuk mencatat aktivitas berolaraga. Sedangkan New You Challenge, kompetisi menurunkan berat badan dengan kategori 4, 10, 14 dan 18 Kilogram (Kg).

Berikut daftar pemenang setiap kategori kompetisi:

1. VIRAL 500K Triwulan 3
Peringkat 1 : Ahmad Lucky
Peringkat 2 : I Made Budiasa
Peringkat 3 : Joedi Hartono
Pakarti : Iske Purwandari

2. New You Challenge 2019
Kelas PUPUK (18 kg)
Juara 1 : Eka Agung Prasetyo – 28,5 kg (3677)
Juara 2 : Herman Sulaiman – 24 kg (3527)
Juara 3 : Nurul Febriana – 23 kg (4220)

Kelas KALTIM (14 kg)
Juara 1 : Arbani – 14,9 kg (3637)
Juara 2 : Elan Apriliyan R. – 14,2 kg (4076)
Juara 3 : Suryo Wildan N. – 14,1 kg (4343)

Kelas AKTIF (10 kg)
Juara 1 : Dicky Herdiana – 11 kg (3976)

Kelas INOVATIF (4 kg)
Juara 1 : Ichsan Al Islami – 9,1 kg (4394)
Juara 2 : Slamet – 6,8 kg (2812)