Dukung Bakti Adhyaksa Peduli Lingkungan, Pupuk Kaltim Bersih Sungai di Bontang Barat

Bentara. Tak hanya penyerahan bantuan bagi dua panti asuhan di Kelurahan Loktuan, keterlibatan Pupuk Kaltim pada peringatan Hari Bakti Adhyaksa ke-59 turut diimplementasikan pada kegiatan bersih lingkungan bersama Kejaksaan Negeri (Kejari) Bontang di Kelurahan Gunung Telihan dan Kanaan Bontang Barat pada 18 Juli 2019. Kelurahan Kanaan dan Gunung Telihan merupakan kawasan yang kerap dilanda banjir, sehingga butuh upaya pencegahan untuk meminimalisasi akibat dari bencana tersebut, salah satunya pembersihan sungai di Jalan Asmawarman RT.19 Gunung Telihan. Hadir Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni, Wakil Wali Kota Bontang Basri Rase, Ketua DPRD Bontang Nur Salam dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Bontang.

Pelaksana Tugas (Plt) Superintendent Bina Wilayah Departemen CSR Pupuk Kaltim Agus Hermanto, mengatakan kegiatan ini bentuk sinergi Perusahaan dengan Pemerintah Kota Bontang dan stakeholders pada momentum Hari Adhyaksa tahun 2019. Perusahaan kata dia, tidak hanya mengejar profit dan keuntungan secara bisnis, tapi turut responsif terhadap kondisi sekitar dengan kepedulian terhadap lingkungan dan wilayah.

“Kegiatan ini merupakan wujud sinergi Pupuk Kaltim bersama Pemerintah Kota dan stakeholders, dengan membersihkan lingkungan untuk mencegah terjadinya banjir,” kata Agus Hermanto di sela kegiatan. Dukungan Pupuk Kaltim pada kegiatan tersebut tak hanya keterlibatan personel Perusahaan, namun juga penyediaan alat penunjang kerja bakti berupa cangkul, parang, sarung tangan, sepatu boot, serta kebutuhan konsumsi bagi seluruh unsur masyarakat dan personel yang hadir.

Kepala Kejari Bontang Agus Kurniawan, mengapresiasi keterlibatan Pupuk Kaltim dalam HUT Adhyaksa ke-59 dengan mendukung penuh berbagai kegiatan yang digagas Kejari Bontang. Menurut dia, salah satu wujud bakti Adhyaksa adalah bakti sosial, yang kali ini diimplementasikan dengan mengajak masyarakat Bontang, khususnya di wilayah rawan banjir untuk bersama mengantisipasi kerugian yang lebih besar sekira bencana terjadi. Gerakan bersih-bersih sungai sekaligus memberi motivasi kepada masyarakat untuk terus menjaga lingkungan, dengan terus menjaga kebersihan sungai serta wilayah pemukiman dan tempat tinggal.

“Kejari Bontang mengajak stakeholders untuk bekerjasama dengan berkontribusi kepada daerah pada HUT Adhyaksa tahun ini. Begitu juga rekan-rekan perusahaan yang terlibat, terima kasih atas dukungan yang diberikan,” tutur Agus Kurniawan.

Selain bersih sungai dan lingkungan, pada kesempatan itu turut dilakukan penanaman pohon ulin dan jenis lainnya untuk mengantisipasi banjir. Sebab salah satu penyebab banjir akibat kurangnya serapan tanah, karena tidak adanya pepohonan di sekitar wilayah pemukiman. “Kegiatan ini wujud bakti Adhyaksa untuk negeri, menjaga keutuhan dan kemanan negeri,” pungkas Agus Kurniawan. (*)

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.