Mobil Sehat Goes to RT dan Gerebek Pasar Pupuk Kaltim Rutin Periksa Kesehatan Warga Bufferzone

Bentara. Ratusan masyarakat di sekitar Perusahaan kembali mendapat pemeriksaan kesehatan gratis, melalui layanan Mobil Sehat Pupuk Kaltim Gerebek Pasar, di halaman parkir Masjid Al-Mujahiddin Kelurahan Loktuan pada 29 Juni 2019. Pemeriksaan kesehatan keliling ini terus bergerak mendatangi masyarakat di Kelurahan Guntung dan Loktuan. Kegiatan ini melengkapi program rutin mingguan Mobil Sehat Goes to RT, yang mendatangi langsung warga bufferzone hingga tingkat RT setiap minggunya. Kerjasama Pupuk Kaltim dengan Puskesmas Bontang Utara II, wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat Loktuan dan Guntung di bidang kesehatan, yang terjadwal tiga bulan sekali. Tak jauh beda dengan Mobil Sehat Goes to RT, gerebek pasar juga hadir untuk mendekatkan pelayanan promotif dan preventif dalam rangka peningkatan imunitas masyarakat. Khususnya pelayanan vaksinasi, pemantauan tumbuh kembang balita, deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM), informasi kesehatan, distribusi abate dan obat gizi.

Dijelaskan Penanggungjawab Promosi Mobil Sehat Pupuk Kaltim dari Puskesmas Bontang Utara II Sumarni, Gerebek Pasar ditujukan untuk mempermudah akses masyarakat mendapat pelayanan kesehatan, dengan cakupan 70 RT di Guntung dan Loktuan, diantaranya 52 RT di Loktuan dan 18 RT di Guntung.

“Sasaran gerebek pasar terdiri dari usia produktif, lansia, bayi dan balita, serta usia remaja mulai 15-20 tahun. Program ini bagian dari pelayanan mobil sehat Goes to RT, dengan pelaksanaan di pasar,” terang Sumarni.

Salah satu warga RT.19 Loktuan Budi Susandoko (48), mengaku terbantu dengan hadirnya gerebek pasar maupun Mobil Sehat Goes to RT yang secara rutin melakukan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat. Dikatakannya, cek kolesterol dan gula darah salah satu hal rutin yang dia periksakan, mengingat umur yang mulai lanjut dan sering mengonsumsi makanan berminyak.

“Ini kali ketiga saya periksa, dan saya upayakan rutin periksa setiap ada mobil sehat Pupuk Kaltim datang,” tutur Budi.

Pedagang bahan pokok di Pasar Citra Mas Loktuan ini berharap pemeriksaan kesehatan gratis dari Pupuk Kaltim terus dilaksanakan, apalagi pelayanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dari berbagai tingkat umur.

“Mau periksa ke puskesmas atau rumah sakit kadang nggak ada waktu, karena harus jualan. Untung ada pemeriksaan kesehatan rutin dari Pupuk Kaltim, dan gratis,” tandas Budi.

Begitu pula layanan mingguan mobil sehat, Sumiati (57) warga RT 14 Kelurahan Loktuan Bontang Utara, antusias menunggu antrean pemeriksaan kesehatan gratis di Lapangan SMP Yayasan Nurul Iman Jalan Kapal Selam III Loktuan pada 13 Juli 2019. Bersama puluhan masyarakat sekitar, Sumiati mengaku rutin melakukan pemeriksaan dari layanan kesehatan yang diberikan Pupuk Kaltim secara cuma-cuma itu. ini kali ketiga Sumiati melakukan pemeriksaan tensi darah dan kolesterol. “Umur sudah tua, harus sering-sering di cek biar kesehatan terjaga,” ucap Sumiati.

Menurut dia layanan Goes to RT sangat tepat, karena lebih menjangkau masyarakat yang terkadang kerap kesulitan mengakses pelayanan pemeriksaan kesehatan diri. Apalagi masyarakat yang bermukim jauh dari Kantor Kelurahan Loktuan, sering tidak mengetahui adanya layanan kesehatan jika tidak ke pasar.

“Malah dulu saya selalu tanya minggu depan pelayanan dimana dan saya datangi kesitu. Kalau tempatnya jauh seperti di Guntung terpaksa tidak datang karena tidak ada yang antar. Tapi kalau didatangi setiap RT seperti ini, jelas sangat membantu untuk orang tua seperti saya ini,” tambah Sumiati.

Dirinya berharap pelayanan Mobil Sehat Pupuk Kaltim dapat terus dilaksanakan dengan metode serupa, karena manfaat yang sangat besar dan begitu dirasakan masyarakat sekitar perusahaan. Terutama bagi lansia, yang terkadang tidak mendapat pelayanan karena lokasi yang jauh dan hanya di satu titik saja.

“Kalau datang ke setiap RT seperti ini sangat memudahkan sekali, dan masyarakat juga senang karena pelayanan lebih dekat. Semoga kegiatan ini terus dilaksanakan Pupuk Kaltim dan Puskesmas untuk seterusnya,” harap Sumiati. (*)

Zeen is a next generation WordPress theme. It’s powerful, beautifully designed and comes with everything you need to engage your visitors and increase conversions.