Mengenal Industri Kimia, Politeknik Negeri Samarinda Kunjungi Pupuk Kaltim


Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) kunjungi Pupuk Kaltim pada agenda Study Excursie (Foto: Humas Pupuk Kaltim)

Bentara. Sekira 125 mahasiswa teknik Kimia Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) kunjungi Pupuk Kaltim pada agenda Study Excursie, dalam rangka mengenal dunia kerja industri kimia sekaligus mengetahui langsung terapan ilmu yang di bangku perkuliahan. Rombongan diterima GM Umum Nur Sahid di Ruang Mahoni Kantor Pusat Pupuk Kaltim pada 27 Juni 2019.

Dijelaskan Dosen Pembimbing Polnes Fitriyana SI, Pupuk Kaltim sengaja dipilih mengingat industri pupuk menjadi lapangan kerja utama industri kimia dengan konstruksi yang paling konkret dan lengkap. Selain itu, banyaknya capaian prestasi yang diraih Perusahaan turut mendasari Polnes ingin mengenal lebih jauh terapan industri kimia di Pupuk Kaltim.

“Kegiatan ini sekaligus pengenalan lapangan materi bangku perkuliahan, sehingga ilmu yang diperoleh dapat diketahui manfaatnya dalam dunia kerja,” ujar Fitriyana.

Kegiatan ini juga sebagai upaya mengajak mahasiswa mampu membangun dan menjalin komunikasi bersama karyawan Pupuk Kaltim dengan notabene profesi yang sama, sebagai bekal praktis menghadapi dunia kerja pasca kelulusan. Hal itu diharap dapat diselaraskan dengan terus dibukanya kesempatan praktik kerja industri maupun magang di Pupuk Kaltim, yang selama ini berjalan dengan baik.

“Hal itu menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk dapat menimba ilmu dan pengalaman sebelum terjun ke dunia kerja,” tambah dia.

Sementara Nur Sahid, menyambut baik upaya Polnes untuk mengenal lebih dekat Pupuk Kaltim melalui kunjungan ini. Dikatakannya, Pupuk Kaltim sebagai anak usaha Pupuk Indonesia Grup memiliki tugas pemenuhan kebutuhan pupuk nasional di 2/3 wilayah Indonesia untuk mendukung ketahanan pangan nasional. Sebagai perusahaan yang mengedepankan harmonisasi dan sinergi, Pupuk Kaltim terus berupaya mendukung kesejahteraan masyarakat melalui program CSR, sehingga keberadaan Pupuk Kaltim tak hanya konsen dalam pengembangan bisnis, namun juga memberi manfaat bagi masyarakat.

“Melalui berbagai program edukasi, Pupuk Kaltim juga berharap bisa memotivasi mahasiswa untuk terus belajar, sebelum terjun di bidang kerja industri kimia,” kata Nur Sahid.

Pada kesempatan tersebut, para mahasiswa dibekali pengetahuan terkait proses produksi, hingga pengenalan berbagai jenis produk Pupuk Kaltim. Berbagai paparan serta penjelasan tentang Perusahaan, diharap mewakili gambaran Perusahaan kepada para mahasiswa. Kegiatan diakhiri sesi tanya jawab dan pengenalan lapangan melalui plan tour ke area pabrik Pupuk Kaltim. (*)


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *